Makanan Sehat EMM* untuk mencegah TB Paru pada orang dewasa

Senin, 18 September 2017

Makanan Sehat EMM* untuk mencegah TB Paru pada orang dewasa



Oleh
Galuh Candra Irawan, SKM, M.Gizi

“ Makan sehat itu bisa mencegah infeksi TB paru , gak hanya mencegah lapar doaaang “
Berawal dari sebuah batuk yang tak kunjung reda hingga mengeluarkan dahak berwarna rada kehijauan dan  lebih dari 2 minggu di tambah dengan nafsu makan yang menurun sampai berujung pada berat badan yang menurun pula, mulai terasa sesak pada dada yang sering merasa terbakar karena panasnya peradarangan hebat pada paru dan keluar keringat tanpa sebab di bagian punggung ketika malam menjelang itu adalah sebagian besar dari  tanda tanda kamu terkena tuberkulosis paru dengan adanya pemeriksaan dahak atau BTA ( bakteri tahan asam) di lab untuk memperjelas diagnosis, penyakit ini memang tidak begitu BOOMING di kalangan kamu kamu yang merasa sudah hidup dengan baik secara finansial,lingkungan maupun pendidikan. Ya...penyakit ini lebih booming pada mereka mereka yang memliki kedaaan finansial ,lingkungan dan pendidikan yang masih di anggap di bawah,tapi tidak begitu sedikit pula mereka mereka yang terlihat sehat dan “Bersih” pun terkadang tak luput dari penyakit tuberkulosis.
Pada dasarnya penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri TB atau yang disebut dengan Mycobacterium Tuberculosis yang nempel,hidup dan berkembang biak pada paru paru kita. Sereeem sih..tapi tenang aja penyakit ini memliki cara pengobatan yang ampuh untuk menyembuhkan yaitu dengan pengobatan dari pelayanan kesehatan selama 6 bulan tanpa jeda bila terjeda harus di ulang mulai dari awal lagi,gimana mau kaya gitu? Gak kan ..dan ternyata penyakit ini bisa di cegah lho..caranya gimana? Caranya dengan berperilaku hidup bersih dan sehat yaitu tidak merokok,menjaga lingkungan tetap bersih  tersinari matahari dan hindari kontak langsung yang bersifat sering pada penderita TB ketika penderita TB sedang bersin dan batuk. Tidak hanya itu saja kekebalan tubuh pun atau Imunitas  menjadi faktor penentu apakah si bakteri TB ini bisa dengan mudah masuk dan berkembang biak pada paru paru kita. Walupun kita pernah terpapar bakteri TB ketika ada seseorang penderita mengobrol atau kontak dengan kita belum tentu kita langsung terserang penyakit tersebut karena apa? Kok bisa? Karena Imunitas kitalah yang berperan melawan bakteri tersebut.
Imunitas pun aslinya butuh modal untuk dia bekerja dengan baik yaitu zat zat yang dapat menyokong tingkat imunitas yang kita miliki. Zat tersebut utamanya berasal dari sumber makanan yang kita makan setiap hari jadi jangan dianggap enteng apa apa aja yang kita makan setiap hari karena memiliki manfaat yang besar terhadap imunitas dan kesehatan tubuh kita guys. Salah satu zat yang bermanfaat membantu kekebalan tubuh kita yaitu adanya makro nutrien berupa Karbohidrat, Protein dan Lemak kita membutuhkan ketiga serangkai itu untuk pembentukan energi yang berguna ketika tubuh kita sedang drop karena adanya infeksi dan butuh cadangan energi yang lebih dari biasanya dan yang paling utama adalah protein karena protein yang terkandung dalam makanan seperti telur,daging,ikan air tawar, hasil laut,tempe,tahu dan kacang kacangan dapat berfungsi ganda selain sumber energi yang baik bagi tubuh juga dapat membantu kekebalan tubuh dengan  kemudian ada Mikronutrien atau Vitamin dan Mineral yang berguna sebagai antioksidan yang sangat membantu proses tubuh melawan infeksi contoh anti oksidanya adalah Vitamin A,Vitamin C,  Zink dan Selenium keempat zat tersebut telah terbukti secara ilmiah mampu membantu tubuh ketika terjadi infeksi, Nah..makanan apa aja yang kaya akan zat tersebut? Makanan yang kaya akan Vitamin A yaitu wortel,cabai merah,bayam,tomat,hati sapi,susu,buah naga,pepaya,apel, pisang dan ubi pun tinggi akan vitamin A.
Makanan yang kaya akan vitamin C yaitu hampir semua buah dan sayur tetapi yang paling tinggi kandunganya yaitu pada buah Jambu ( 228 mg / 100 gr / 1 bh sedang ) kemudian diikuti jeruk ( 70 mg/ 100 gr/ 1 bh sedang), Kiwi ( 70 mg/ 100 gr / 1 bh sedang ),pepaya, beri- berian dan cabe pun banyak mengandung Vitamin C yang baik untuk tubuh. Kalau dari sayuran contohnya adalah Tomat ( 100 mg/ 100 gr tomat), Brokoli ( 89 mg/ 100 gr), Kembang Kol ( 46 mg/ 100 gr) di ikuti oleh, Kol, lobak,bayam dan kentang pun mengandung Vitamin C yang baik untuk tubuh. Zink kebanyakan terkandung pada makanan dari laut seperti, ikan,udang,cumi dan kerang tetapi tenang aja bagi kamu kamu yang jauh dari laut kandungan Zink juga terdapat pada ayam,daging sapi,hati sapi,biji wijen,dan biji labu kuning,dan coklat hitam pun tinggi kandungan zink nya lhoo. Pada makanan yang mengandung Selenium yaitu seperti Keju ( 15 mcg/100gr), Gandum ( 34 mcg/100gr) , Jamur (11,9  mcg/ 100gr), Telur ( 13,9 mcg/ butir), Kedelai (7,3 mcg/ 100gr). Memang kita harus  bersyukur karena di negara kita ini banyak buah dan sayuran, maka makanlah secara beragam dari lauk maupun sayuran dan buah yang kita makan dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk  tubuh kita. Bagi kamu kamu yang sudah terlanjur terinfeksi TB tidak usah khawatir tidak usah malu tetap semangat untuk sembuh karena penyakit TB pada dasarnya bisa di sembuhkan asal rajin pengobatan selama 6 bulan berturut turut, rajin olah raga, jaga kebersihan lingkungan  dan tetap konsumsi makanan yang beragam sayur dan buah,serta lauk pauk yang cukup.
*Enak,Mudah,Murah  ^6^

0 komentar :

Posting Komentar