[D(iet) 2 + Aktvs T(ubuh) 2 ] = BB (Sekseeeh) + Sehat3

Minggu, 08 Oktober 2017

[D(iet) 2 + Aktvs T(ubuh) 2 ] = BB (Sekseeeh) + Sehat3


Oleh
Galuh Candra Irawan, SKM, M.Gizi

Berat badan saat ini menjadi hal yang masih sangat menarik untuk dibahas karena seseorang berpenampilan baik atau gak kadang tergantung berat badanya yang dampaknya pada tubuh terlihat ideal atau berlebih bahkan berkurang. Berat badan menajdi penting ketika seseorang telah sadar akan penampilanya di tambah informasi informasi kesehatan yang tersebar bahwa berat badan akan mempengaruhi derajat kesehatan seseorang terutama para wanita yang ingin tampil ideal,tidak hanya wanita saja ternyata pria pun begitu menganggap penting berat badan.

Mengatur berat badan dengan berbagai cara memang benar adanya untuk membentuk tubuh yang ideal. Salah satunya dengan berberbagai macam diet,ada diet OCD,diet Mayo, diet ini diet itu banyaaaak pokoknya kalau bicara soal ragam modifikasi diet. Ada  diet yang extreme benar benar seperti menyiksa diri dan ada pula diet yang gak begitu extreme. Apapun bentuk dietnya pada dasarnya adalah untuk ngurangi jumlah asupan zat gizi yang masuk kedalam tubuh. Bisa juga sebagai bahan pengganti makanan yang dianggap memiliki nilai lebih baik ketimbang bahan makanan sebelumnya,biasanya karena kandungan serat yang cukup untuk pencernaan misalnya gak makan nasi atau mie sama sekali kemudian diganti dengan kentang,gandum utuh atau pisang. Karena salah satu faktor penambah kenaikan berat badan tidak hanya asupan lemak saja tetapi asupan karbohidrat berlebih pun sebagai faktor kenaikan berat badan sebagai pengahasil kalori dalam tubuh. Boleh boleh aja berdiet asal hak tubuh untuk mendapatkan asupan gizi  baik zat gizi makro seperti Karbohidrat, Lemak, Protein  serta  zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral yang seimbang juga harus terpenuhi.

Keberhasilan sebuah program diet ada dua yaitu Disiplin dan Kontinyu. Dengan disiplin kita dilatih untuk menahan berbagai godaan makanan makanan yang enak di lidah tapi gak enak untuk selanjut selanjutnya agar tubuh tidak di masuki hal hal yang dapat merusak program diet anda,memang seperti terkesan menyiksa diri tetapi inilah disiplin sebuah karakter yang dipaksa dibentuk dalam diri untuk mempertahankan keinginan terhadap keberhasilan program diet. Kemudian Kontinyu, bila suatu saat program diet kita berhasil maka bukan berarti kita stop sampai di sini kita harus tetap melakukanya untuk menjaga dan mempertahankanya karena sel dalam tubuh kita tetap bekerja norma seperti sebelum, on diet,atau pasca diet untuk memetabolisme zat gizi yang masuk kedalam tubuh. Jadi kalo gak dijaga akan di khawatirkan tubuh kembali melaarrr seperti gak diet sama sekali gitu kan percuma jadinya seperti rumput yang telah di pangkas akan tetap tumbuh secara alami begtu juga sama tubuh kita.

Bagaimana dengan aktivitas tubuh? Apakah mempengaruhi BB? Yup benar sekalee tanpa adanya aktivitas fisik yang baik maka Diet apapun akan gagal kecuali gak makan seminggu nah itu beda cerita lagi. Kenapa aktivitas fisik mempengaruhi? Karena aktifitas fisik akan membantu tubuh melepas dengan ikhlas kalori. Kalori merupakan hasil akhir dari metabolis karbohidrat,Lemak dan Protein yang bila tidak digunakan atau tidak untuk aktivitas apapun akan tetap berada di dalam tubuh dan tubuh pun akan menyimpan dengan senang hati bisa dalam bentuk kalori atau dalam bentuk lemak yang akan di simpan di otot dan sebagian besar pada wanita disimpan dibawah jaringan kulit karena simpanan lemak dalam tubuh manusia tidak dibatasi oleh tempat karena bisa di bilang tubuh kita elastis sehingga ini yang menyebabkan tubuh seseorang terlihat melarrrr kaya kerupuk kalo digoreng.

Nah sekarang aktivitas apa sih yang mampu dan efektif untuk membakar dan melepas kalori? Aktitivitas yang tentunya memiliki buangan kalori yang tinggi seperti berenang, lari maraton, Sepak bola, dan GYM atau fitness. Bahkan GYM ternyata lebih ampuh loh membuang kalori karena  kita melatih otot dengan angkat beban maka sel dalam otot pun akan terstimulasi untuk melepas kalori tubuh yang berlebih yup karena sel otot juga bnyak menyimpan kalori dan pembentukan energi atau kalori sebagian besar berada di sel otot sehingga bila kita melatih otot untuk angkat beban maka seperti menguras paksa energi di gudang dan pabriknya.

Untuk itu di sarankan bagi yang sudah diet ini itu tetapi belum berhasil bisa di coba untuk tetap diet tetapi di imbangi oleh aktifitas fisik seperti GYM tetapi dengan prosedur prosedur yang tepat agar aman dari cidera otot maupun hal lainya yang bisa saja terjadi pada pusat kebugaran.
                                                        

0 komentar :

Posting Komentar