DIET ASYIK BAGI PENDERITA DM

Sabtu, 16 September 2017

DIET ASYIK BAGI PENDERITA DM



Oleh Galuh Candra Irawan, SKM, M.Gizi
Diabetes Melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme pembentukan gula sederhana atau yang disebut dengan glukosa yang fungsi aslinya untuk pembentukan energi bagi tubuh manusia, bisa karena tubuh kekurangan insulin ( hormon yang akan memasukan glukosa kedalam sel untuk membentuk energi ) atau karena sel yang kurang sensitif terhadap glukosa tersebut sehingga glukosa yang seharusnya masuk kedalam sel untuk di ubah menjadi energi justru terkatung-katung di dalam darah sehingga dapat menambah jumlah glukosa dalam darah,apa lagi tidak di imbangi dengan diet rendah gula. Untuk itu penting adanya diet rendah gula  pada penderita DM.
Makanan manis pada dasarnya memang banyak di sukai banyak kalangan mulai dari anak hingga dewasa tak terkecuali penderita DM itu sendiri. Tetapi karena makanan manis dapat memicu peningkatan gula dalam darah sehingga sebaiknya untuk penderita DM untuk mengurangi bahkan menghindari makanan yang manis-manis. Kata siapa penderita DM tidak boleh konsumsi yang manis sama sekali? Boleh tetapi ada beberapa cara atau tips untuk merasakan makanan enak dan manis tanpa takut gula darah meningkat drastis,caranya adalah dengan melakukan diet yang sesuai dengan anjuran ahli gizi tetapi di modifikasi tanpa melenceng dari kaidah.
Kunci dari penyerapan sari sari makanan manis yang berdampak pada tingginya kadar gula darah yaitu terletak pada jumlah Serat yang kita konsumsi. Mengapa serat? Karena serat merupakan zat yang dapat membantu memperlambat proses penyerapan sari-sari makanan dalam usus untuk akhirnya  diubah menjadi gula darah Sebernya tidak hanya serat saja yang baik bagi penderita DM tetapi Mineral seperti Kromium (Cr)   dan Magnesium ( Mg)  pun baik bagi penderita DM dengan funsinya yaitu untuk merangsang  sensitivitas sel terhadapat penyerapan glukosa oleh sel dengan bantuan hormon insulin. Contoh makanan yang tinggi serat yaitu Jagung kuning muda ( 12,5 gr / setengah cup ), Oncom 24,6 gr/ 2 potong kecil), Cabe hijau besar ( 16,5 gr / 7 bh ), Tomat 9,3 gr/ 1 bh sedang ), sedangkan untuk buah hampir semua buah mengandung serat yang tinggi seperti Jambu Biji Merah, Pear, Belimbing, Kolang kaling, Markisa bahkan Manggis dan Alpukat  pun memiliki serat yang tinggi. Sedang kan makanan tinggi Magnesium dan Kromium pada sayuran yang memiliki warna hijau pekat seperti Brokoli,Buncis,kapri,kacang panjang,paprika,bayam,dsb.
Nah sekarang tinggal bagaimana makanan –makanan yang kita sajikan bagi penderita DM tidak perlu telalu di bedakan dengan makanan makanan non penderita yaitu dengan membuat masakan masakan yang mudah dan sederhana dari bahan bahan yang saya jelaskan tadi seperti membuat ca brokoli,atau brokoli goreng tepung, sop buah dengan gula alternatif, sop sayur daging dengan sayuran yang berwarna hijau pekat semakin hijau  pekat warnanya semakin tinggi pula Magnesium dan Kromiumnya, tetapi tetap kurangi karbohidrat dan untuk mengganti kekurang itu gantilah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah yang tinggi serat dan mineral Mg dan Cr. Bagaimana mudah dan murah bukan?

0 komentar :

Posting Komentar