Ikan untuk Jantung

Sabtu, 02 September 2017

Ikan untuk Jantung


Ikan untuk Jantung
Oleh Taufik Maryusman, S.Gz, M.Gizi, M.Pd

Ikan merupakan bahan makanan sumber protein yang berkualitas tinggi. Ada ribuan jenis ikan, mayoritas ikan laut dan sebagian lagi ikan air tawar. Ikan-ikan itu dikelompokkan menjadi berbagai keluarga, yakni keluarga tembang, keluarga Cod, keluarga Salem, Ikan Pelagis dan Ikan air tawar (Rowney, dkk:2002). Sebagian masyarakat menganggap bahwa dengaan mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan lemak dan kolesterol, padahal sebagian besar ikan memasok lemak dan kolesterol relatif lebih rendah dari janis sumbeer hewan lainnya. Misalnya, 100 gram daging ayam mengandung lemak 2,5 g dan kolesterol 113 g, sedangkan ikan tongkol hanya mengandung lemak 1,5 g dan kolesterol 102 mg.

Penyakit kardiovaskular (PKU) yakni penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah (penyakit jantung koroner, hipertensi dan stroke) adalah kontributor utama kematian. Penyakit jantung koroner (PKU) yang kita ketahui dapat menimbulkan serangan jantung tiba-tiba dan akhirnya gagal jantung. Di Indonesia penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu penyebab kematian.

Konsumsi makanan dan gizi yang baik telah diteliti secara ilmiah dapat mengurangi resiko PKU adalah ikan. Banyak penelitian membuktikan makan ikan berlemak dapat mencegah PKU. Ikan yang seperti apa? Yaitu ikan yang sarat dengan EPA dan DHA. Bila dikonsumsi dua porsi dalam seminggu maka akan menurunkan resiko kematian mendadak dan kematian karena PKU. So, ayo makan ikan dengan bijak untuk kesehatan jantung kita.

1 komentar :

Posting Komentar