Asam Folat untuk Ibu Hamil

Sabtu, 09 September 2017

Asam Folat untuk Ibu Hamil


Sayuran
Portal Gizi -- Asam folat merupakan satu-satunya vitamin yang kebutuhannya selama hamil berlipat ganda. Semua zat gizi selama kehamilan diperlukan. Namun asam folat salah satu vitamin B yang perlu dapat perhatian. Sekitar 24-60% wanita, baik di negara sedang berkembang maupun yang telah maju mengalami kekurangan asam folat karena kandungan asam folat di makanan kita sehari-hari tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.


Asam folat diperlukan oleh ibu hamil untuk membentuk sel baru karena setelah konsepsi, asam folat membantu mengembangkan sel syaraf dan otak janin. Namun sebaliknya, kekurangan asam folat akan mengakibatkan lelah yang berat dan susah tidur. Bila kekurangan ini berkelanjutan maka akan terjadi anemia yang ditandai penampakan kelelahan dan depresi.

Strategi pencegahan kekurangan asam folat mencakup peningkatan kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan yang kaya akan asam folat atau suplemen folat 40 ug setiap hari. Jenis makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain ragi (1000 µg/100 g), hati (250 µg/100 g), brokoli, sayur berdaun hijau : bayam, asparagus dan kacang-kacangan. Misalnya, kacang kering, kacang kedelai (100 µg/100 g). Sumber lain pada ikan, daging, jeruk dan telur. Jadi, dengan mengetahui akan pentingnya asam folat maka jangan sia-siakan masa kehamilan emas kita.


Oleh Taufik Maryusman, S.Gz, M.Gizi, M.Pd

0 komentar :

Posting Komentar